Selamat Datang!

Contoh Sederhana Menulis Sebuah Berita





Dengan Mengunakan (5W+1H)
Topik/Thema (fungsinya memberikan penjelasan sesuai dengan topik kedalam sebuah kalimat ataupun paragraf dengan mengunakan 5W+1H). Dan jangan tulis topik dengan kalimat panjang atau  dalam bentuk kalimat ber-imbuhan, tetapi tulis dalam kalimat pendek atau biasa disebut kata-kata dasar, sehingga muda dipahami.

Krisis Minyak Tanah, Warga Mimika Susah Cukupi Kebutuhan Hidup
           Warna ini, simbol (Siapa/Who)                                              Warna ini, simbol (Apa/What)
Timika, KABAR MAPEGAA—Sebagian besar warga mimika, mengeluh dengan tidak adanya minyak tanah di setiap toko-toko kabupaten mimika, atau biasanya disebut krisis minyak tanah. Hal ini, BBM sudah terjadi kemacetan dalam mamasarkan ke setiap daerah-daerah yang ditinjau tak terkecuali kabupaten mimika.

        Warna ini, simbol (Mengapa/Why)                                  Warna ini, simbol (Dimana/Where)
Akibatnya warga mimika yang berada di derah kebun siri dan sektoral keluruhan kwamki baru kabupaten mimika, susah mencukupi kebutuhan hidup. sementara kebutuhan primer sedang menumpuk di setiap rumah yang diinapi.
            Warna ini, simbol (Bagaimana/How)
Salah satu warga Marten kogopa (39) mengatakan sudah hampir dua bulan, terjadi krisis minyak tanah.  Kemungkinan terjadi kemacetan saat memasarkan minyak tanah  dari pusat ke daerah-daerah. “kami sangat membutuhakan menyak tanah, untuk masak kebutuhan yang sementara ini, tertumpuk-tumpuk di rumah,” katanya, Sabtu (10/05) kepada www.mapegaa.blogspot.com tadi pagi.
                                 Warna ini, simbol (Kapan/When)
Paragraf berikut ini, harus tulis sesuai dengan hasil orang yang kita wawancarai. Contoh Bupati kah, Ketua Ikatan kha yang penting dia yang sudah berperang dalam profesinya.
Pembahasan Penulisan Berita
Share this post :
Posting Komentar

Google+ Badge

 
Support : bloggerpapua.idm | DownloadRPP | bloggerpapua.id
Copyright © 2015. Fransiskus Kobepa - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger