Selamat Datang!

Pemuda Papua Dalam Mengahadapi MEA 2015

Pemuda merupakan generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa, kader masyarakat dan kader keluarga. Sehingga peran pemuda dalam kemajuan bangsa sanggat diperlukan terutama dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat luas sesuai dengan kemampuan yang dimilik merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi “pengabdian kepada masyarakat”oleh Sebab itu dalam menghadapi MEA  Pemuda khususnya di tanah papua perlu mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan MEA tersebut.

MEA diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat. Sebagai Pemuda Papua perlu melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui Blog,Diskusi maupun dalam Kegiatan lainnya di Masyarakat , hal ini juga merupakan upaya alternatif sesungguhnya dalam merendahkan konflik dan kesenjangan sosial.
 
Sosialisasi sangat penting bukan hanya untuk MEA 2015 di berbagai bidang yakni ekonomi, politik, sosial budaya dan lain-lain. Misalnya, dengan adanya sosialisasi politik masyarakt bisa tahu etika bagimana memilih dan di pilih tanpa mewakili atau secara demokratis.
Oleh sebab itu, pemerintah maupun pemuda papua ,mensosialisasikan kepada masyarakat yang belum mengetahui sehingga pada saat penerapannya nanti ,tidak  ada kendala antara pemerintah dengan masyarakat setempat , Pemerintah sebagai pelaksana kebijakan di daerah  perlunya pemberdayakan produk lokal maupun Industri Lokal, Dalam Perkembangan Teknologi ,Dahulunya dengan Alat tradisional yang sangat sederhana ,namun kini masyarakat telah mengenal dan dapat mengelola dengan alat yang cukup canggih saat ini.

 
Beberapa Waktu lalu Badan Executive Mahasiswa (BEM) Universitas Cendrawasih dan Democraty Intergrity And Peace ( DIP ) Menggelar Diskusi “Cara menghadapi tantangan global,terutama bagaimana menjadi pribadi yang kuat dan Siap Bersaing” bertempat di Sekretariat UKM Uncen.
Sekjen DIP, Stepi Anriani,SIP,MSi , Mengatakan bahwa "MEA akan segera berlaku. MEA itu ibarat pisau bermata dua, disisi satu penuh dengan harapan dan peluang, disisi lainnya berupa tantangan dan hambatan. Untuk itu perlu persiapkan diri sebaik mungkin,"seperi yang dilangsir dimedia antara.papua.com
Sementara itu , Michael Yerisitouw Wakil BEM Uncen mengatakan “hal penting yang harus dilakukan oleh pemuda Papua adalah pembangunan karakter diri, memiliki kemampuan IT, bahasa inggris dan menulis, intelegensia atau kepentintaran, pengalaman, dan kemampanan diri dan jaringan kerja seperti yang dilangsir dimedia antara.papua.com

Menurut Stepi Anriani,SIP,MSi Dalam Komentarnya Via Facebook mengatakan bahwa   ada beberapa hal yang harus dipersiapkan Pemuda Papua adalah :
1.Pembangunan Karakter diri (jujur,tanggung jawab,berani,melayani,cerdas dll);
2. Penguatan Soft Skill (Bhs inggris,IT/komputer,komunikasi);
3.Tingkatkan kecerdasan (IQ-EQ-SQ); 
4. Persiapkan Kemapanan diri/uang;
5.Perkuat pengalaman (Ikut BEM,KNPI,organ cipayung  seperti : PMKRI.HMI,GMKI,GMNI)
6. Perkuat Jaringan
Menurutnya bahwa hal ini di temukan dari berbagai pengamatan yang dilakukan terhadap pemuda di Tanah Papua Saat ini.

Perlu diketahui bersama bahwa Masyarakat Ekonomi Asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya.
Share this post :
Posting Komentar

Google+ Badge

 
Support : bloggerpapua.idm | DownloadRPP | bloggerpapua.id
Copyright © 2015. Fransiskus Kobepa - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger