Selamat Datang!

Demam Batu Akik Sampai Papua

Fenomena saat ini , dari berbagai pelosok tanah air nusantara sedang merasakan suatu hal yang tak asing lagi disebut : batu akik, 

 Deman disiang bolong memang, batu akik mewabah hampir ke seluruh penjuru tanah air, tTak mengherankan jika dengan mudah kita dapat menemui warga yang menjual berbagai jenis batu akik, baik yang sudah diolah atau yang masih berbentuk bongkahan setelah menelusuri sejumlah area di wilayah kota jayapura salah satunya depan SAGA Mall Abepura,Papua

Fenomena batu akik ini seolah telah menciptakan lapangan pekerjaan baru ,terlihat sebagian masyarakat papua menjualnya masih dalam bentuk bongkahan batu yang dialas dengan air.   hasil penjualan batu ini yang cukup menjanjikan, sehingga muncul pedagang batu dadakan, bisa dibilang sebagian warga masyarakat yang beralih dari semula berdagang pinang berganti menjual bongkahan batu.

Dari hal ini menurut saya cukup menarik dan mungkin banyak menyita perhatian masyarakat mulai dari papua maupun diluar papua , mamun saya sangat  khawatir dengan batu akik asli papua ini ,kemudian bisa menjadi hal yang berpotensi mengancam peninggalan purbakala zaman batu di Papua. 

sebab terlihat beberapa batu-batu yang di jual (order) merupakan peninggalan sejarah seperti :batu kapak dan lain-lain ,banyak juga opini yang beredar di masyarakat bahwa batu akik yang diambil masyarakat asli akan melahirkan suatu malapetaka.

perlu diketahui bersama bahwa suatu kekayaan sejarah ini semoga jangan cepat berlalu akan habis, karena barang habis dijual keluar Papua.

Dalam hal ini Pemerintah Papua harus membuat aturan untuk melindungi peninggalan budaya Papua. Saya khawatir kapak batu peninggalan zaman batu di Papua, nantinya hanya tinggal cerita saja.
 
Share this post :
Posting Komentar

Google+ Badge

 
Support : bloggerpapua.idm | DownloadRPP | bloggerpapua.id
Copyright © 2015. Fransiskus Kobepa - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger